Senin, 26 Juli 2010

Memperkenalkan Diri

Dalam entri ini saya akan mengajak anda bagaimana cara perkenalan diri dengan baik. Dalam memperkenalkan diri biasanya orang menyebutkan :
1. Nama
2. Alamat
3. Tempat dan Tanggal Lahir
4. No. Telepon yang bisa dihubungi (jika perlu)
5. Riwayat pendidikan / pekerjaan.
dll

Selain itu, kita dapat memperkenalkan diri kita dalam bentuk resmi (formal), dan tidak resmi (nonformal). Dalam hal ini tergantung waktu dan tempat dimana kita akan memperkenalkan diri kita. Di suatu acara yang dihadiri oleh para tamu penting misalnya, kita harus menggunakan bentuk resmi dalam memperkenalkan diri.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memperkenalkan diri :
1. Bahasa.
Jika kita memperkenalkan diri kita di depan umum dalam bentuk acara resmi kita harus memperhatikan bahasa yang digunakan. Bahasa yang digunakan dalam ragam resmi ini adalah bahasa baku (sesuai EYD). Namun, dalam ragam nonformal kita tidak dianjurkan memakai bahasa yang baku tetapi tetap harus sopan.
2. Pelafalan / Intonasi
Di dalam memperkenalkan diri kita, kita mesti melafalkan dengan suara yang nyaring dan dapat dimengerti oleh semua orang.
3. Tekanan
Mungkin dalam memperkenalkan diri kita harus membaca dimana saat kita harus menekankan kata-kata yang memang dianggap penting.
4. Jeda

Mungkin sampai disini dulu materi kita. Apabila ada yang kurang paham tolong kasih kritik dan saran yaa :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar